MODEL PERKERASAN JALAN BERASPAL DENGAN MENGGUNAKAN LIMBAH SPON DAN LIMBAH BAN DALAM

DONY ILMY IDOMA, 03112015 (2016) MODEL PERKERASAN JALAN BERASPAL DENGAN MENGGUNAKAN LIMBAH SPON DAN LIMBAH BAN DALAM. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img]
Preview
Text
Doni Ilmy I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
Doni Ilmy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan penghasil aspal terbesar di dunia yang bahan bakunya terdapat pada bukit tanah serta gunung yang bertepat di pulau button . Pembangunan jalan raya adalah salah satu sektor pembangunan yang diprioritaskan. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya kebutuhan aspal dan agregat alam, baik agregat kasar maupun agregat halus. Kebutuhan aspal mencapai 600.000 ton pertahunnya. untuk mendapatkan aspal siap jadi Indonesia membelinya dari Negara lain, hal ini jelas mengakibatkan berkurangnya devisa dan ketersediaan. Untuk itu berbagai macam inovasi dilakukan oleh para produsen pembuat aspal, salah satunya dengan menggunakan aspal modifikasi. Metode yang digunakan adalah mencampur aspal murni pen 60/70 dengan limbah karet spon dan limbah ban dalam bekas, dengan harapan diperoleh modifikasi aspal dengan memanfaatkan limbah spon dan limbah ban dalam bekas yang sulit di urai dengan tanah. Berdasarkan hasil penelitian, bahan aspal yang telah di campur dengan limbah spon dan ban dalam komposisi 2%, 4%, 6% hasil pengujiannyanya belum ada yang sesuai dengan kriteria aspal modifikasi menurut spesifikasi bina marga. Penetrasi kadar 6% untuk karet spon dan ban dalam sudah sesuai standar dengan nilai 56 mm 58 mm, sedangkan daktilitas kadar 2% karet spon dan kadar 2% 4% karet ban dalam sudah sesuai dengan standart Bina marga sedangkan kelarutan dengan kadar 2% untuk karet spon saja yang memenuhi spesifikasi bina marga dengan nilai 99.904% dan untuk keelastisan setelah pengembalian belum masuk kriteria spesifikasi bina marga. untuk titik lembek hanya kadar 6% karet spon dan 6% karet ban dalam yang nilanya sudah sesuai dengan spesifikasi Bina Marga dengan nilai 54,4oC dan 54 oC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:15
Last Modified: 01 Mar 2018 03:16
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]