STUDI ANALISIS PERENCANAAN JALAN HIGHWAY DENGAN METODE BINA MARGA DAN AASTHO TERHADAP PERBANDINGAN BIAYA DAN TEBAL PERKERASAN STUDI KASUS JALAN SUAI – BECO SUB – DISTRIK ZUMALAI TIMOR - LESTE

Eufrazia Soares De Souza, 03113016 (2016) STUDI ANALISIS PERENCANAAN JALAN HIGHWAY DENGAN METODE BINA MARGA DAN AASTHO TERHADAP PERBANDINGAN BIAYA DAN TEBAL PERKERASAN STUDI KASUS JALAN SUAI – BECO SUB – DISTRIK ZUMALAI TIMOR - LESTE. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img]
Preview
Text
Eufrazia S. de Souza.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
Eufrazia S. De Souza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana perhubungan darat dengan peranan cukup penting dalam kehidupan manusia di bidang trasportasi baik di bidang ekonomi, sosial, politik maupun pertahanan keamanan. Jalan Suai – Beco merupakan jalan nasional yang berperang penting arus perekonomian wilayah sekitar dan juga kota – kota yang lain. Hal ini yang mendorong terus dikembangkannya pembangunan sarana dan prasarana jalan agar selalu mendukung segala kegiatan perekonomian secara maksimal. Jalan Suai - Beco di bangun dengan tujuan agar dapat memperlancar dan menghubungkan Distrik Suai dengan Sub – Distrik Zumalai. Untuk perencanaan Tebal lapis perkerasan lentur pada ruas jalan Suai – Beco, penulis akan mengbandikan perhitungan dengan menggunakan dua metode yaitu Metode Bina Marga ’87 dan metode AASTHO ’86 guna untuk mendapatkan nilai lapisan perkerasan, selain itu juga ingin dilihat metode manakah yang lebih efisien dari segi tebal perkerasan maupun biaya Dari hasil perencanaan perkerasan jalan yang dipakai didapatkan ketebalan perkerasan jalan yang sesuai dengan umur rencana 20 tahun sejak tahun 2016 sampai dengan akhir umur rencana tahun 2035. Untuk Metode Bina Marga ’87 didapat tebal lapisan permukaan 12 cm, tebal pondasi atas 20 cm dan tebal pondasi bawah 30 cm. Sedangkan untuk Metode AASTHO ’86 didapat tebal lapis permukaan 13 cm, tebal pondasi atas 23 cm dan tebal pondasi bawah 34 cm. Rencana Anggaran biaya untuk perencanaan tebal lapisan perkerasan lentur Metode Bina Marga ’87 adalah sebesar Rp 19,846,887,420.00 ( terbilang Sembilanbelas milyar delapan ratus empat puluh enam juta delapan ratus delapan puluh tujuh ribu empat ratus dua puluh rupiah ) sedangkan untuk perencanaan tebal lapis perkerasan lentur metode AASTHO ’86 adalah sebesar Rp 22,022,404,430.00 ( terbilan dua puluh dua milyar seratus dua puluh dua juta empat ratus empat ribu empat ratus tiga puluh rupiah ). Maka yang lebih ekonomis dari kedua metode ini adalah Metode Bina Marga ’87.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 01 Mar 2018 04:03
Last Modified: 01 Mar 2018 04:04
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]