MODEL PERENCANAAN RUTE BUS SEDANG ANTARA TERMINAL KENJERAN HINGGA TERMINAL MEDOKAN AYU GUNA MENDUKUNG ANGKUTAN MASSAL CEPAT DI SURABAYA

GABRIEL OKY CAHYANI, 03112064 (2016) MODEL PERENCANAAN RUTE BUS SEDANG ANTARA TERMINAL KENJERAN HINGGA TERMINAL MEDOKAN AYU GUNA MENDUKUNG ANGKUTAN MASSAL CEPAT DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img]
Preview
Text
Gabriel Oky C.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
Gabriel Oky C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan perkembangan Kota Surabaya yang terus berlangsung, telah meningkatkan pula mobilitas dengan berbagai macam aktivitas di dalamnya, salah satunya adalah perkembangan ekonomi. Secara tidak langsung, aktivitas ini akan memicu terjadinya permintaan angkutan umum yang memadai, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Di sisi lain kondisi angkutan umum yang ada di Kota Surabaya belum sepenuhnya memenuhi kriteria tersebut, misalnya potensi penumpang tiap halte dari rute yang akan direncanakan, frekuensi keberangkatan pada jam sibuk dan non sibuk, dan headway angkutan umum yang direncanakan. Bus Sedang yang merupakan salah satu angkutan umum massal yang beroperasi di kota Surabaya bagian Timur juga tidak terlepas dari permasalahan pelayanan yang mulai menurun. Di sisi lain angkutan umum massal ini dihadapkan dengan rencana Kota Perekonomian Surabaya, sehingga harus meningkatkan kualitas pelayanannya. Untuk itu tujuan adanya bus sedang untuk masyarakat Surabaya Timur terhadap pelayanan Angkutan Umum Massal Trayek Terminal Kenjeran – Terminal Medokan Ayu yang optimal, seperti : over load pada jam tertentu, kualitas pelayanan, fisik kendaraan yang tertentu, sering menjadi terutama antara pengguna dan penyedia jasa angkutan umum massal di Surabaya. Untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya maka perlu dilakukan penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan karakteristik penumpang angkutan dan kualitas pelayanan angkutan umum massal Trayek Terminal Kenjeran – Terminal Medokan Ayu serta dapat memberikan jumlah angkutan umum massal yang ideal. Pada jam sibuk hari Senin - Sabtu dimana pada hari tersebut sudah mewakili hari kerja dan Minggu adalah hari libur dan dimana banyak orang tersebut berliburan di area tempat wisata tersebut. Waktu yang dilakukan pada saat jam sibuk yaitu di pagi hari antara pukul 06.00 – 09.00 WIB dan sore pukul 15.00 – 18.00 WIB, serta jam non sibuk pukul 10.00 – 14.00 dan malam pukul 19.00 – 21.00 Jumlah angkutan umum massal/bus sedang yang ada adalah 34 unit kendaraan untuk mencukupi terutama pada saat jam sibuk (hari kerja) dalam 2 menit untuk keberangkatan antara bus yang lainnya, sedangkan pada non sibuk ada 4 unit kendaraan dalam waku 15 menit untuk keberangkatan antara bus yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 02 Mar 2018 06:37
Last Modified: 02 Mar 2018 06:37
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]