EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN FASILITAS KESELAMATAN JALAN DI SIMPANG KLETEK – SAWUNGGALING TAMAN - SIDOARJO

G. MAULUDI NIZAR, 03118088 (2022) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN FASILITAS KESELAMATAN JALAN DI SIMPANG KLETEK – SAWUNGGALING TAMAN - SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persimpangan Kletek Taman merupakan salah satu area yang dilalui akses kendaraan yang padat di kota Sidoarjo, dikarenakan adanya Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro yang dibangun di kawasan strategisi di Jl. Sawunggaling 177 – 183, Jemundo, Taman (Kletek), Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Dengan volume lalulintas yang padat diperkotaan sering terjadi kemacetan lalulintas, perlu dilakukan pengaturan kinerja simpang yang baik untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Tahun 2021 dan masa kemudian di Tahun 2026. Untuk perhitungan kinerja simpang peneliti menggunakan metode MKJJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) dan melakukan survai fasilitas keselamatan jalan sesuai Peraturan Mentri Perhubungan No.96 Tahun 2015. Metode penelitian yang dipakai dalam menyelesaikan permasalahan dimulai dengan pengumpulan data (survai volume lalu lintas dan geometrik simpang), selanjutnya mencari data literatur dan informasi terkait penelitian. Tahap selanjutnya melakukan analisa kinerja simpang dan melakukan evaluasi serta survai langsung fasilitas keselamatan jalan. Berdasarkan data survai dilapangan dan kajian kinerja simpang Kletek - Sawunggaling dengan kondisi eksisting dua fase menunjukan tingkat pelayanan simpang masuk zona F, dengan data dari kajian menunjukan untuk Jalan Sawunggaling Derajat kejenuhan 1,19, Panjang antrian adalah 598.5 m, Rasio kendaraan stop adalah 2,392 stop/smp, tundaan simpang rata-rata 93 det/smp. Berdasarkan data kajian persimpangan Kletek - Sawunggaling pada tahun 2026 karena faktor pertumbuhan kendaraan yang tiap tahun bertambah, kajian simpang diganti ke tiga fase kondisi tahun 2026 menunjukan tingkat pelayanan simpang masuk zona E, dengan data dari kajian menunjukan Jalan Sawunggaling Derajat kejenuhan 0,49, Panjang antrian adalah 125,9 m, Rasio kendaraan stop adalah 0.780 stop/smp, tundaan simpang rata-rata 76 det/smp. Berdasarkan survai fasilitas keselamatan Jalan kondisi sekarang menunjukan bahwa masih kurangnya fasilitas pada simpang Kletek Sawunggaling. Solusi yang bisa digunakan adalah geometri simpang (pelebaran Jalan), pengaturan sinyal 3 fase, dan kelengkapan fasilitas Jalan dilengkapi dengan baik. Kata kunci: simpang, kinerja simpang, fasilitas keselamatan Jalan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:28
Last Modified: 08 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year