METODE LEXICON BASED UNTUK ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP KINERJA ISP (STUDI KASUS: INDIHOME, BIZNET, MYREPUBLIC)

MUHAMMAD BAGAS DIKAL PUTRA, 04219041 (2023) METODE LEXICON BASED UNTUK ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP KINERJA ISP (STUDI KASUS: INDIHOME, BIZNET, MYREPUBLIC). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NAROTAMA.

[img] Text (COVER)
cover - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
bab I - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
bab II - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
bab III - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
bab V - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka - Bagas Dikal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Internet Service Provider (ISP) adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet atau layanan terkait lainnya kepada pelanggan. ISP telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. masih terdapat beberapa masalah yang sering dihadapi oleh penyedia internet seperti Indihome, Biznet, dan MyRepublic. Pemilihan ketiga perusahaan Penyedia Layanan Internet atau Internet Service Provider ini didasari karena ketiga ISP yang dipilih memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia. Penelitian analisis sentimen telah banyak dilakukan pada media sosial seperti Twitter. Penelitian ini memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan opini yang objektif tentang berbagai topik. Dalam penelitian ini, digunakan metode Lexicon Based dimana yang merupakan suatu proses yang digunakan untuk memilih kata-kata penting pada dokumen dengan menggunakan kamus yang tersedia. Pada pengaplikasiannya, terdapat dua jenis kamus yang digunakan sebagai wordlist, yaitu kamus dengan kumpulan kata bersentimen positif dan negatif. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa sebanyak 80,9% pengguna memberikan sentimen negatif dan 19,1% memberikan sentimen positif terhadap kinerja ketiga penyedia internet tersebut. Terlihat bahwa performa mereka sedang dalam kondisi yang tidak baik. Penyebab pengguna twitter yang memberikan sentimen negatif berasal dari pernyataan para pengguna ISP yang mengalami berbagai permasalahan terhadap ISP itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:02
Last Modified: 08 Oct 2025 07:02
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year