MOCHAMMAD PANDU YUANSYAH, 04321040 (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA SMK BARUNAWATI SURABAYA DENGAN METODE PROTOTYPE DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NAROTAMA.
![]() |
Text (COVER)
cover - Pandu Yuansyah.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab I - Pandu Yuansyah.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab II - Pandu Yuansyah.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab III - Pandu Yuansyah.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
bab IV - Pandu Yuansyah.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
bab V - Pandu Yuansyah.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka - Pandu Yuansyah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran digital menggunakan metode prototype guna meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa di SMK Barunawati Surabaya. Era teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Aplikasi pembelajaran digital memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Fitur-fitur interaktif, animasi, dan konten multimedia dalam aplikasi dapat membantu membangkitkan minat siswa serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menantang. Untuk mengembangkan aplikasi, penelitian ini menggunakan teknik prototype. Metode ini memungkinkan pengembang untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna secara lebih cepat, sehingga dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan aplikasi dengan lebih efisien. SMK Barunawati Surabaya, yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), menjadi lokasi penelitian ini. Penelitian ini berfokus pada interaksi antara guru dan siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran digital yang dirancang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran digital yang dirancang dengan metode prototype mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan manajemen sekolah, keterlibatan aktif dari guru dan siswa, serta ketersediaan sumber daya teknologi yang memadai merupakan faktor pendukung utama dalam implementasi aplikasi ini. Dengan demikian, aplikasi pembelajaran digital bukan hanya sebagai alat bantu belajar, tetapi juga sebagai sarana untuk merangsang motivasi intrinsik siswa dalam mengeksplorasi materi pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi pembelajaran digital yang efektif dan efisien serta peningkatan kualitas pembelajaran di SMK Barunawati Surabaya. Kata Kunci : Aplikasi pembelajaran digital, metode prototype, efektivitas pembelajaran, interaktivitas, motivasi belajar, SMK Barunawati Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:36 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:36 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year