MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERCAKAP – CAKAP DENGAN MEDIA DIORAMA DI RA BINTANG PRESTASI

Reni Arianti, 05121023 (2025) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERCAKAP – CAKAP DENGAN MEDIA DIORAMA DI RA BINTANG PRESTASI. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover - Reni Arianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
bab I - Reni Arianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
bab II - Reni Arianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
bab III - Reni Arianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV - Reni Arianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
bab V - Reni Arianti.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka - Reni Arianti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kelompok A di RA Bintang Prestasi, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara anak di RA Bintang Prestasi belum optimal dan masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 4 – 5 tahun melalui metode bercakap – cakap dengan media diorama pada kelompok A di RA Bintang Prestasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini dilakuakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek yang diteliti anak kelompok A RA Bintang Prestasi tahun pelajaran 2024-2025 yang berjumlah 25 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 12 anak perempuan, data diperoleh melalui praobservasi. pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perkembnagan bahasa. Hal ini dibuktikan yang mendapatkan kriteria BSB pada indikator berbicara dengan kalimat sederhana pada tahap pra observasi terdapat 20%, dan pada siklus 1 terdapat 58%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 84%. Pada indikator mengungkapkan perasaan tahap pra observasi terdapat 24%, dan pada siklus 1 terdapat 67%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 88%. Pada indikator menjawab pertanyaan pada tahap pra observasi terdapat 20%, dan pada siklus 1 terdapat 67%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 92%. Dan Pada indikator menceritakan kembali cerita tahap pra observasi terdapat 16%, dan pada siklus 1 terdapat 50%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 80%. Kata Kunci: perkembangan bahasa, metode bercakap-cakap, media diorama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 20 Nov 2025 02:44
Last Modified: 20 Nov 2025 02:44
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year