OTOMATISASI TROUBLE TICKET UNTUK PENINGKATAN PERFORMANSI SISTEM INFORMASI MONITORING PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN STUDI KASUS PT. INDOSAT MEGA MEDIA

ANGGA JANOTTAMA, 04211074 (2017) OTOMATISASI TROUBLE TICKET UNTUK PENINGKATAN PERFORMANSI SISTEM INFORMASI MONITORING PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN STUDI KASUS PT. INDOSAT MEGA MEDIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NAROTAMA.

[img] Text
04211074 ANGGA JANOTTAMA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
04211074 ANGGA JANOTTAMA full wtk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

OTOMATISASI TROUBLE TICKET UNTUK PENINGKATAN PERFORMANSI SISTEM INFORMASI MONITORING PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN STUDI KASUS PT. INDOSAT MEGA MEDIA Oleh : Angga Janottama ABSTRAK PT. INDOSATM2 (INDOSAT MEGA MEDIA) adalah anak perusahaan dari PT. INDOSAT OOREDOO yang merupakan penyedia jasa internet bagi pelanggan skala perusahaan atau corporate. Infrastruktur jaringan PT. INDOSATM2 tersebar diberbagai titik dimana salah satu cabang regionalnya terletak di Surabaya. Stabilitas jaringan merupakan jaminan yang diberikan kepada pelanggan. Namun terkadang gangguan dapat terjadi pada perangkat jaringan perusahaan ataupun di lokasi pelanggan. Penanganan gangguan atau troubleshooting perusahaan saat ini masih dilakukan secara manual, dengan melakukan input ticket toubleshoot yang dilakukan oleh Bagian Customer Service. Hal tersebut menyebabkan notifikasi atau penanganan gangguan hanya terpaku pada informasi yang diberikan oleh Bagian Customer Service, sehingga membuat waktu penanganan gangguan menjadi lebih lama. PT. INDOSATM2 berusaha meminimalkan gangguan dan mempercepat penanganan gangguan. Untuk itu dikembangkan sistem informasi monitoring infrastruktur jaringan dan otomasi trouble ticket real time menggunakan metode spiral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi monitoring infrastruktur jaringan dan otomatisasi trouble ticket memiliki fitur notifikasi, serta monitoring proses troubleshooting secara real time untuk semua infrastruktur di area Surabaya. Selain itu juga dapat dihasilkan laporan secara periodik berupa laporan gangguan yang telah maupun yang masih belum diselesaikan. Laporan tersebut dapat dijadikan dasar bagi PT. INDOSATM2 untuk melakukan peremajaan perangkat, atau peningkatan pada beberapa aspek kenyamanan layanan bagi pelanggan. Kata Kunci : metode spiral, monitoring, trouble ticket AUTOMATICATION TROUBLE TICKET FOR IMPROVEMENT PERFORMANCE INFORMATION SYSTEM MONITORING NETWORK DEVICE PT. INDOSAT MEGA MEDIA By : Angga Janottama ABSTRACT PT. INDOSATM2 (INDOSAT MEGA MEDIA) is a subsidiary of PT. INDOSAT Ooredoo which is an internet services provider for customers in scale of corporate or company. Network infrastructure of PT. INDOSATM2 scattered in several points where one of its regional branches located in Surabaya. Network stability is a guarantee given to the customer. However, sometimes disruption can occur on corporate network or customer location. Nowday, disruption handling or troubleshooting in PT. INDOSATM2 is still done manually, which input toubleshoot ticket performed by Customer Service. This causes notifications or disruption handling only focus on the information provided by Customer Service, thus making disruption handling time becomes longer. PT. INDOSATM2 attempted to minimize disruption and expedite disruption handling. Therefore, network infrastructure monitoring information system and real time automation of trouble ticket is developed using spiral method. The results showed that the information system has a notification feature, as well as monitoring the troubleshooting process in real time for all network infrastructure in Surabaya. It also can generate periodic reports in the form of disruption reports that have been and are still not resolved. These reports can be used as guidance for PT. INDOSATM2 to rejuvenation device or service improvements for customers convenience. Keywords : monitoring, trouble ticket, spiral method

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 26 Jul 2018 01:27
Last Modified: 26 Jul 2018 01:27
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]