ANALISIS RESPON PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN GUNA PENINGKATAN KINERJA KERETA API (STUDI KASUS “KERETA API PENATARAN”)

Nur Aldi Firmansyah, 03116120 (2018) ANALISIS RESPON PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN GUNA PENINGKATAN KINERJA KERETA API (STUDI KASUS “KERETA API PENATARAN”). Undergraduate thesis, Universitas Narotama Surabaya.

[img] Text
skripsi Nur Aldi Firmansyah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Aldi F fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kereta api Penataran adalah salah satu kereta api ekonomi lokal relasi Surabaya-Malang-Blitar yang mendapatkan Public Service Obligation (PSO). Beroperasinya kereta api ini diharapkan dapat menjadi angkutan unggulan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Transportasi publik yang memenuhi standar kelayakan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk mengetahui standar pelayanan yang dinginkan oleh masyarakat, perlu adanya penilaian atau respon terhadap kualitas pelayanan Kereta Api Penataran. Dalam penelitian ini, variabel independennya adalah Keselamatan (X1), Keamanan (X2), Kenyamanan dan Kesetaraan (X3), Kemudahan (X4), Kehandalan dan Keteraturan (X5), dan Integrasi Transportasi (X6), sedangkan variabel dependennya adalah Kualitas Pelayanan Penumpang (Y). Populasi penelitian adalah penumpang Kereta Api Penataran di Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang Kotabaru dengan sampel 204 responden. Metode pengumpulan data adalah kuesioner tertutup dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, model hubungannya adalah Y = 0,312 X5 + 0,229 X3 + 0,201 X1 + 0,200 X2 + 0,171 X6 + 0,082 X4, artinya besarnya variabel Y dipengaruhi oleh setiap nilai pada masing-masing variabel X. Pada model hubungan regresi, diketahui bahwa variabel paling dominan adalah variabel Kehandalan dan Keteraturan (X5) sedangkan variabel yang harus dibenahi adalah variabel kemudahan (X4). Keenam variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen baik secara parsial maupun bersama-sama. Kata Kunci: Respon Penumpang, Kualitas Pelayanan, KA Penataran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:03
Last Modified: 14 Jan 2019 02:03
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]