ANALISIS CAPAIAN AIR BERSIH DI KOTA SURABAYA UTARA SESUAI SDGs

Andrey Ferdian Rumpuin, 03114153 (2019) ANALISIS CAPAIAN AIR BERSIH DI KOTA SURABAYA UTARA SESUAI SDGs. Undergraduate thesis, Universitas Narotama Surabaya.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Air bersih merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia, pada kenyataanya masih banyak masyarakat belum mendapatkan air bersih. Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) menargetkan 100% penyebaran akses air bersih dan sanitasi bagi seluruh masyarakat di Indonesia, program ini berlaku tahun 2015-2019. Penelitian dilakukan untuk mengukur capaian target RPJMN. Analisis capaian air bersih yang diambil di kota Surabaya Utara pada Kecamatan Bulak dan Kecamatan Krembangan, metode penelitian dengan lembar kuesioner EHRA, dan data kuesioner di input kedalam software EHRA, di convert dan diolah mengunakan Microsoft Excel. Output hasil menggunakan kualitatif untuk mempermudah pembacaan hasil survey. Dari hasil analisa Microsoft Excel, didapatkan data dari dua kecamatan di atas saluran air bersih mencapai 100%. Sumber air yang dibutuhkan oleh masyarakat kecamatan di atas adalah dari: air botol kemasan, air isi ulang, dan air ledeng atau air PDAM. Penggunaan air PDAM untuk aktivitas mencuci piring dan gelas serta menggosok gigi. Air untuk konsumsi dan masak dari PDAM membutuhkan pengolahan kembali, karena masyarakat menilai kualitas air PDAM tidak layak digunakan secara langsung. Tingkat kesulitan mendapatkan air bersih 20,2% karena adanya gangguan teknis, seperti pemberhentian saluran air karena penggantian pipa rusak. Tingkat kepuasan kualitas air PDAM 82%, sedangkan 18% masyarakat tidak merasa puas dengan kualitas air PDAM. Masalah yang terjadi: air yang keruh setelah perbaikan saluran pipa, kejernian air cepat keruh, munculnya jentik-jentik dalam tandon atau bak mandi dalam beberapa hari, dan lain-lainnya. Pengelolaan kembali air PDAM oleh masyarakat untuk konsumsi mencapai 93%, karena air PDAM tidak dapat digunakan secara langsung. Kata kunci: capaian air bersih, capaian SDGs, PDAM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:11
Last Modified: 07 Jun 2022 02:42
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]