ANALISIS REAKTIVASI JALUR KERETA API TERHADAP LALU LINTAS DI RUAS JALAN BABAT–JOMBANG

Zoya Aurora Putri Sulaiman, 03115055 (2019) ANALISIS REAKTIVASI JALUR KERETA API TERHADAP LALU LINTAS DI RUAS JALAN BABAT–JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text
Zoya fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Zoya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kereta api merupakan moda transportasi yang memiliki berbagai keunggulan. Seiring dengan prospek yang bagus, sudah seharusnya keunggulan tersebut dimanfaatkan secara optimal yang menjamin pergerakan orang dan barang. Dalam reaktivasi jalur rel akan dibandingkan dengan volume lalu lintas di ruas jalan Babat-Jombang dan besarnya antrian saat perlintasan sebidang Surabaya-Jakarta ditutup sehingga dapat diketahui pengaruh pembangunan jalur rel Babat-Jombang terhadap lalu lintas di jalan raya. Analisa dilakukan menggunakan metode gelombang kejut. Kondisi lalu lintas di ruas jalan raya Babat-Jombang masih tergolong stabil dan pengemudi dapat mengendarai hingga kecepatan 70 km/jam. Berdasarkan Level of Service (Los) nilai derajat kejenuhan pada ruas jalan raya terbesar terdapat pada hari 1 dan 2 arah Jombang-Babat pada pukul 08.00 – 09.00 WIB sebesar 0.26 yang masuk dalam kategori B dimana nilai tersebut kurang dari batas kepadatan lalu lintas (0.26 < 1). Pada perlintasan Surabaya-Jakarta hari pertama, waktu penutupan tercepat selama 95 detik pada jam 11.23 WIB dan waktu terlama selama 110 detik pada jam 15.18 WIB. Sedangkan, pada hari ke 2 diperoleh waktu penutupan tercepat selama 95 detik pada jam 16.37 WIB dan waktu terlama selama 107 detik pada jam 15.18 WIB. Dalam ruas tersebut terjadi panjang antrian sejauh 624 meter dengan 85 antrian kendaraan yang membutuhkan waktu selama 300 detik dari awal penutupan palang pintu hingga kendaraan dapat berjalan normal kembali Kata kunci: reaktivasi, gelombang kejut, perlintasan sebidang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:00
Last Modified: 31 Aug 2021 06:00
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]