Arik Siswanto, 04115004 (2019) PEMBELAJARAN CAGAR BUDAYA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR). Undergraduate thesis, Universitas Narotama.
Text (HALAMAN JUDUL)
Arik Siswanto Halaman Judul.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
Arik Siswanto Abstrak.pdf Download (4MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
Arik Siswanto Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
Arik Siswanto Bab 1.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB II)
Arik Siswanto Bab 2.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB III)
Arik Siswanto Bab 3.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
Arik Siswanto Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (BAB V)
Arik Siswanto Bab 5.pdf Download (4MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Arik Siswanto Daftar Pustaka.pdf Download (680kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melakukan pengujian serta pengembangan Sistem Augmented Reality dalam sebuah aplikasi Megilens untuk mempromosikan Cagar Budaya yang ada di kota Surabaya dengan menggunakan objek 3D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakn metode merker based trackig dan markeler augmented reality. Sedangkan dalam melakukan penelitian ini dilakukan berbagai macam tahapan yaitu pengenalan produk (demonstrasi), melakukan uji coba produk, melihat respon dan mengumpulkan data berupa penilaian terhadap produk berdasarkan kriteria tertentu yang telah tersusun dalam instrumen penilaian. Kemudian dilakukan revisi akhir dan penyusunan laporan hasil dari uji coba terbatas akan dijadikan acuan perbaikan akhir produk. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa teknologi augmented reality dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan diterapkan pada perangkat android. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi megilens berhasil dipasang pada beberapa perangkat android tersebut. Pengujian sistem bisa diterapkan pada perangkat android yang berbeda. Pengujian proses menunjukkan bahwa setiap proses berjalan sesuai dengan rancangan, pengujian selanjutnya pengajuan sistem pada beberapa perangkat android dengan spesifikasi berbeda, pengujian pendeteksian marker bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi dalam pendeteksian marker. Kata Kunci : Augmented Reality, Interaktif, Unity, Cagar Budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Komputer |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 01:56 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 01:56 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1030 |
Actions (login required)
View Item |