PENGARUH WEBSITE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI BRAND EXPERIENCE PADA PENGGUNA WEBSITE SHOPEE DI KOTA SURABAYA

SITI MEGA FITRIA, 01217031 (2021) PENGARUH WEBSITE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI BRAND EXPERIENCE PADA PENGGUNA WEBSITE SHOPEE DI KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NAROTAMA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
Cover.pdf

Download (8MB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (8MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf

Download (11MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berkembangnya internet di era modern berdampak pada perubahan lifestyle masyarakat Indonesia termasuk dalam hal berbelanja. Masyarakat Indonesia yang semula lebih suka berbelanja berhadapan langsung dengan penjual dan melihat barang yang mau dibeli, saat ini mulai beralih menggunakan fasilitas berbelanja online sehingga peluang penjual online semakin terbuka luas. Belanja online atau online shopping saat ini telah menjadi cara baru bagi sebagian masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Peluang yang tinggi menyebabkan semakin menjamurnya toko online, begitu juga dengan marketplace dan e-commerce. Menjamurnya kedua model bisnis ini menyebabkan tingkat persaingan yang tinggi sehingga pemilik harus mengetahui dan memenuhi keinginan pelanggan agar timbul rasa percaya dan kemudian berkembang menjadi pelanggan yang loyal. Tantangan tersebut tentu tidaklah mudah, ibarat toko yang bersaing mendapatkan pelanggan dari orang-orang yang berkunjung, pemilik marketplace dan e-commerce harus memberikan pelayanan terbaik dengan cara menjaga kualitas situs web untuk meyakinkan pengunjung dan mendapatkan kepercayaan dan selanjutnya berkembang menjadi loyalitas pelanggan. Salah satu marketplace terkenal di Indonesia yaitu Shopee yang menduduki peringkat pertama untuk Marketplace yang banyak di kunjungi oleh konsumen dalam setiap bulannya di banding dengan Marketplace yang lainnya, untuk dapat terus mempertahankan loyalitas pelanggan Shopee harus mampu memberikan apa yang di ingikan oleh pelanggan dengan memberikan kualitas website yang terbaik dan mudah di gunakan bagi konsumen. Serta memberikan pengalaman merek yang baik, sehingga pelanggan dapat merasakan secara langsung ataupun tidak lansung saat pelanggan melihat iklan atau juga saat pemasar mengkomunikasikan produk melalui website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh website quality terhadap brand experience dan customer loyalty. Jenis pendekatan kuatitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Menggunakan metode non probability dengan pendekatan Accidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja/bertransaksi melalui website Shopee di Surabaya dan yang menjadi sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa website quality memiliki pengaruh yang positif dan signfikan terhadap brand experience dan cutomer loyalty. Brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Website quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap cutomer loyalty melalui Brand experience. Kata kunci : Website Quality, Brand Experience, Customer Loyalty.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:06
Last Modified: 08 Mar 2022 04:06
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]