IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DAN VIRTUAL REALITY PADA KATALOG PERUMAHAN SEBAGAI SARANA PEMASARAN

SANCAKA PRANA WISESA, 04315035 (2019) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DAN VIRTUAL REALITY PADA KATALOG PERUMAHAN SEBAGAI SARANA PEMASARAN. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf

Download (16MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (679kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)

Abstract

Teknologi sekarang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, seiiring dengan perkembangan teknologi muncullah teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality. Augmented Reality secara sederhana dapat didefinisikan sebagai penggabungan benda nyata dan maya di lingkungan nyata. Sementara Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Teknologi tersebut mulai digunakan ke berbagai bidang, salah satu contohnya adalah bidang bisnis properti. Tingginya persaingan yang terjadi dalam berbisnis properti perumahan berimbas pada menurunnya penjualan properti pada triwulan IV tahun 2018 sebesar 5,78%, oleh karena itu pebisnis properti melakukan banyak strategi untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan produknya. Namun, teknik memasarkan tersebut masih menggunakan objek 2 dimensi yang mempunyai sudut pandang yang terbatas dan kurang menarik. Implementasi aplikasi Augmented Reality dan Virtual Reality pada penelitian ini menggunakan sebuah blueprint/denah dari Perumahan Bangsri Regency Magetan. Augmented Reality dapat dijalankan dengan menggunakan metode Marker Based Tracking pada brosur katalog perumahan dimana terdapat sebuah marker untuk mendeteksi 3D model rumah. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi yang dibuat dapat merubah mode tampilan dari tampilan Augmented Reality menuju Virtual Reality dan sebaliknya. Augmented Reality mendeteksi marker dan memunculkan 3D model rumah dengan ketentuan jarak minimal 50 cm dengan sudut minimal 20o dan jarak maksimal 70 cm dengan sudut maksimal 90o. Pada tampilan Virtual Reality direkomendasikan untuk menjalankan dengan menggunakan sebuah alat seperti Google Cardboard atau VR Box. Aplikasi dapat berjalan di mobile device bersistem operasi Android dengan spesifikasi minimal resolusi layar 16:9 dengan RAM 2GB untuk tampilan Augmented Reality dan 3GB untuk tampilan Virtual Reality. Kata Kunci : Augmented Reality, Virtual Reality, 3D Model Rumah, Bisnis Properti Perumahan, Marker Based Tracking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:20
Last Modified: 06 Apr 2022 02:20
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]