ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA LUAS JALAN AITUTO – AINARO (KM 89 + 000 KE KM 112 + 000) TIMOR – LESTE

AGOSTINHO DAHU TEFA DA SILVA, 033116071 (2021) ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA LUAS JALAN AITUTO – AINARO (KM 89 + 000 KE KM 112 + 000) TIMOR – LESTE. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (Halaman Judul)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasaran transportasi yang sedang digunakan untuk menunjang kegiatan perekonomian. Namaun, seringkali dijalan terdapat kerusakan – kerusakan pada perkerasan jalan yang membuat kenyamanan pengendara terganggu. Salah satunya ruas Jalan Aituto – Ainaro Timor – leste jalan ini merupakan jalan penghubung dari kota kabupaten ke desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam merencanakan tebal perkerasan lentur pada pada Metode Analisa Komponen SKBI 1987, Metode Bina Marga 2017 dan Dimensi Saluran Tepi. Metode yang digunakan adalah metode observasi tidak terstruktur dan pengumpulan data berupa data primer tentang kondisi wilayah pada Jalan Aituto – Ainaro Timor - Leste dan data sekunder berupa data LHR, data CBR, data geometrik jalan dan data curah hujan. Dari hasil anlisis metode analisa komponen diperoleh lapisan permukaan menggunakan Asphalt MS 340 dengan tebal AC- WC 5 cm AC-BC 5 cm, lapisan pondasi atas menggunakan Agregat Kelas A dengan tebal 20 cm, dan lapisan pondasi bawah menggunakan Agregat Kelas B dengan tebal 10 cm. Sedangkan dari hasil analisis bina marga 2017 diperoleh lapisan permukaan menggunakan AC – WC dengan tebal 4 cm dan AC – BC dengan tebal 6 cm, lapis pondasi atas menggunakan AC – Base dengan tebal 14 cm dan lapis pondasi bawah menggunakan LPA kelas A dengan tebal 30 cm. Bentuk saluran tepi adalah segi empat dengan dimensi saluran dari hasil perhitungan lebar saluran 0,8 m, tinggi saluran 0, 7 m dan tinggi jagaan 0,6 m. Kata kunci : Analisis Tebal Perkerasan, Analisa Komponen SKBI 1987, Metode Bina Marga 2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:39
Last Modified: 12 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year