PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN MANAJAMEN LABA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

NUR FITRIAINI, 01116037 (2020) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN MANAJAMEN LABA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka dan lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak. Di penelitian ini menguji pengaruh pengungkapan CSR dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini dikembangkan dari penelitian sebelumnya (Lanis & Richardson, 2012) yang menyatakan bahwa pengungkapan CSR terhadap agresivitas pajak berpengaruh negatif. Penelitian ini menambah variabel manajemen laba dimana penelitian sebelumnya (Kezia et al., 2016) menyatakan bahwa manajemen laba terhadap agresivitas pajak berpengatuh positif sedangkan penelitian yang dilakukan oleh (Atami, 2017) menyatakan bahwa manajemen laba terhadap agresivitas pajak tidak berpengaruh Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Jumlah sampel yang diperoleh yaitu sebesar 641 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana sumber dtabyang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan. Kemudian data diolah dengan menggunakan metode analisis linear berganda dan uji hipotesis. Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel pengungkapan CSR dan manajemen laba berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Batasan Penelitian – Dalam penelitian ini peneliti membatasi pada pengaruh pengungkapam CSR dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur. Untuk peneliti selanjutnya bisa menambah perusahaan lainnya yang terdaftar di BEI agar sampel yang diperoleh lebih banyak lagi. Implikasi – Memperluas pemilihan variabel lain yang bisa dikaitkan dengan agresivitas pajak agar diperoleh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi agresivitas pajak. Bagi regulator seperti DJP diharapkan bisa dijadikan sebagai wawasan penting bagi para pembuat kebijakan pajak yang berusaha untuk mengidentifikasi keadaan dimana risiko agresivitas pajak perusahaan lebih tinggi. Orisinalitas/Nilai – Terdapat perbedaan hasil antara jurnal acuan penelitian dan juga hasil penelitian ini yaitu Variabel manajemen laba berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak berbeda dengan penelitian sebelumnya yang berpengaruh positif. Perbedaan objek penelitian sebelumnya di Wajib Pajak Badan Listing Australia Tahun 2008-2009. Sedangkan penelitian ini diperoleh dari Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018. Kata kunci : Pengungkapan CSR, Manajemen Laba, Agresivitas Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:05
Last Modified: 23 Feb 2023 08:05
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year