KEGIATAN MELIPAT KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TH DI TK MELATI SURABAYA

ROSDIANA, 05121014 (2025) KEGIATAN MELIPAT KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TH DI TK MELATI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover - Rosdiana.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
bab I - Rosdiana.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
bab II - Rosdiana.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
bab III - Rosdiana.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV - Rosdiana.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
bab V - Rosdiana.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka - Rosdiana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan kegiatan melipat untuk pengembangan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK melati surabaya. Subjek penelitian ini terdiri dari Siswa kelas Kelompok A di TK Melati Surabaya yang berjumlah 22 anak terdiri dari 13 anak Laki-laki dan 9 anak Perempuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis. Hasil penelitian bertujuan untuk pengembangan, yaitu untuk mengetahui sejauh mana Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melaui Penggunaan kegiatan Melipat. Dan faktor yg mempengaruhi perkembangan motorik halus Anak Motorik halus adalah keterampilan yang dimiliki anak dalam melakukan aktivitas yang melibatkan otot-otot kecil atau melibatkan bagian-bagian tertentu, yang tidak membutuhkan tenaga besar. Motorik halus merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh anak sesuai dengan perkembangannya, namun masih ada guru yang belum mampu memaksimalkan motorik halus anak dengan baik. Tempat penelitian di TK Melati Jl. Kalikepiting Jaya 8 no 1 Kec.Pacar Keling. Subyek penelitian ini adalah guru kelas kelompok A. Informan penelitian berjumlah dua guru yang mengajar selain di kelas kelompok A dan guru pendamping kelas kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di uji keabsahannya dengan perpajagan pengamatan, triangulasi, dan rekan sejawat selanjutnya dianalisis menggunakan model Milles & Huberman dengan tahapan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Kata kunci : Peran Guru, Motorik Halus, teknik melipat kertas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:53
Last Modified: 20 Nov 2025 03:53
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year