PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BALOK GEOMETRI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR 01 AR-RACHMAN SURABAYA

Masruroh, 05115008 (2019) PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BALOK GEOMETRI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR 01 AR-RACHMAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kendala yang ditemukan peneliti di PPT Mawar 01 adalah kurangnya pemahaman kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri dan membedakan ukuran yang sejenis. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berusaha memberikan pembelajaran melalui media balok geometri yang dapat menjadi salah satu alternatif menarik sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan mengetahui, memahami, dan menerapkan bentuk geometri dalam bermain. Sebelum diberikan tindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 33%. Setelah pemberian tindakan melalui pembelajaran dengan menerapkan permainan balok pada Siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 60% dan pada Siklus II nilai rata-rata kelas semakin meningkat hingga 87% sehingga mencapai angka indikator keberhasilan yakni 75%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan balok geometri warna dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini pada materi mengenal bentuk-bentuk geometri. Kata Kunci: balok geometri, media pembelajaran, perkembangan kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:04
Last Modified: 27 Apr 2022 02:31
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]