PEMBUATAN JARINGAN JALAN DI SURABAYA PUSAT DAN KEADAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN GIRILAYA KOTA SURABAYA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Arip Windarto, 03116019 (2021) PEMBUATAN JARINGAN JALAN DI SURABAYA PUSAT DAN KEADAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN GIRILAYA KOTA SURABAYA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
ARIP WIDARTO Cover.pdf

Download (39MB)
[img] Text (BAB I)
ARIP WIDARTO Bab I.pdf

Download (39MB)
[img] Text (BAB II)
ARIP WIDARTO bab II.pdf

Download (39MB)
[img] Text (BAB III)
ARIP WIDARTO Bab III.pdf

Download (39MB)
[img] Text (BAB IV)
ARIP WIDARTO Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] Text (BAB V)
ARIP WIDARTO Bab V.pdf

Download (39MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
ARIP WIDARTO Daftar Pustaka.pdf

Download (39MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk membuat jaringan jalan dalam bentuk sebuah sistem informasi geografis dan mengetahui keadaan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Girilaya Kota Surabaya pada tahun 2021. Penelitian keadaan lalu lintas ini menggunakan metode yang mengacu pada perhitungan angka kemacetan. Sesuai dengan pengamatan di lapangan pada ruas jalan dengan type jalan 2/2 UD dua lajur – dua arah tak terbagi, dengan lebar jalan 6 meter untuk total 2 arah dengan bahu jalan masing-masing 1 meter pada ruas kanan dan kiri. Pada fasilitias di ruas jalan tersebut kurang dilegkapi dengan rambu-rambu lalu lintas seperti (dilarang stop, dilarang parkir, batas kecepatan). Volume lalu lintas harian rata-rata paling tinggi pada ruas jalan tersebut dari pukul 07.00 – 18.00 sebanyak 1725,8 kend/jam. Kendaraan berjenis sepeda motor yang paling dominan melewati ruas jalan tersebut. Dari analisis tingkat kemacetan yang dilakukan didapatkan hasil, hambatan samping pada ruas jalan tersebut dikatagorikan sedang ( M ) sebesar 378,6 kejadian/jam. Kemacetan terjadi karena padatnya aktifitas serta kendaraan mengurangi kecepatan dan berhenti di samping jalan. Hal tersebut mengakibatkan nilai pelayanan pada ruas jalan tersebut adalah D menunjukan bahwa arus kendaraan yang terhambat, kecepatan rendah dan volume kendaraan di atas kapasitas. Oleh karena itu peran pemerintah sangat penting untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi dan pengendara lebih tertib dalam melakukan aktifitas di ruas jalan tersebut. Kata Kunci : sistem informasi geografis, kemacetan lalu lintas, volume

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:15
Last Modified: 10 Mar 2022 07:29
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]