CHARLTON PARLINDUNGAN, 13121014 (2024) MODEL KEBUTUHAN PENINGKATAN PELAYANAN JALAN (RUAS JALAN MARUNI - BATAS KOTA MANOKWARI). Masters thesis, UNIVERSITAS NAROTAMA.
![]() |
Text (COVER)
cover - Charlton.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab I - Charlton.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab II - Charlton.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab III - Charlton.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
bab IV - Charlton.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
bab V - Charlton.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka - Charlton.pdf Download (1MB) |
Abstract
Muthalib (2016), Jalan sebagai infrastruktur yang sangat dibutuhkan bagi transportasi darat serta aspek pembangunan yang paling berperan dalam perekonomian nasional maupun daerah. Menurut publikasi dari BPS Papua Barat, sampai dengan tahun 2017 panjang jalan yang berhasil dibangun di Provinsi Papua Barat hanya 11.951,592 km yang terdistribusi pada jalan Nasional panjang 1003,26 km, jalan Provinsi 2309,648 km dan jalan Kabupaten 8.638,687 km dan salah satunya adalah Jalan Maruni - Bts Kota Manokwari menurut Menteri PU-PR RI diatas, memiliki panjang 17.17 km dan secara administrasi jalan membentang menghubungkan dua distrik (Manokwari Barat dan Selatan) dan memiliki tipe jalan 2/2 UD. Salah satu Daerah di Provinsi Papua Barat yang sampai saat ini yang mengalami perkembangan sangat pesat baik pembangunan infrastruktur, inverstasi maupun urbanisasi jumlah penduduk adalah Kabupaten Manokwari. Sejalan dengan perubahan status pemerintahan, perkembangan manokwari kemudian mengubah citra wilayahnya secara fisik menjadi bersifat kekotaan. Hal ini terjadi karena Kota Sorong mempunyai lokasi ekonomi strategis berkenaan dengan sumber daya alam, aksesibilitas yang tinggi, pusat pemerintahan provinsi, sehingga menarik fungsi-fungsi ekonomi lain untuk mengadakan investasi. Akibar dari pergerakan perekonomian ini menjadikan beban terutama sekali untuk infrastruktur jalan, untuk itu diperlukan beberapa alternatif penanganan untuk meningkatkan pelayanan jalan Ruas Jalan Maruni - Batas Kota Manokwari. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan ini adalah dengan melakukan survei kepada stakeholder terhadap alternatif-alternatif penanganan yang mungkin bisa dilakukan, yang selanjutnya hasil survei tersebut dianalisa dengan regresi linier berganda, adapun hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui alterenatif solusi penanganan untuk meningkatkan pelayanan jalan di ruas tersebut. Kata kunci: Jalan, Tingkat Pelayanan, Regresi, Manokwari, Alternatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:40 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:40 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year