“Model Analisis Fasilitas Pedestrian Sebagai Pendukung Sistem Transportasi Berkelanjutan di Jakarta.”

Bagas Dwi Bawono, 13123013 (2025) “Model Analisis Fasilitas Pedestrian Sebagai Pendukung Sistem Transportasi Berkelanjutan di Jakarta.”. Masters thesis, UNIVERSITAS NAROTAMA.

[img] Text (COVER)
cover - Bagas Dwi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab I - Bagas Dwi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
bab II - Bagas Dwi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
bab III - Bagas Dwi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV - Bagas Dwi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
bab V - Bagas Dwi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kota Jakarta dengan berbagai persoalannya memerlukan solusi yang terintegrasi. Persoalan transportasi adalah salah satu hal yang krusial untuk dipecahkan. Interaksi berbagai elemennya harus direncanakan dengan matang, salah satunya adalah soal pejalan kaki atau pedestrian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran fasilitas pedestrian sebagai bagian integral dari sistem transportasi berkelanjutan di Jakarta, mengidentifikasi persoalannya, serta mengembangkan model fasilitas pedestrian yang mampu mendukung penggunaan moda transportasi berkelanjutan. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengevaluasi hubungan antara kondisi infrastruktur pedestrian dan preferensi masyarakat dalam menggunakan moda transportasi ramah lingkungan. Permasalahan infrastruktur di Jakarta dalam pengurangan emisi karbon dan peningkatan mobilitas perkotaan, perkembangan kebutuhan pengguna serta bagaimana perencanaan pedestrian dapat diintegrasikan dengan perkembangan teknologi, seperti kendaraan otonom, untuk mendukung mobilitas berkelanjutan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis tentang hubungan dan pengaruh model-model fasilitas pedestrian terhadap sistem transportasi berkelanjutan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa nilai t-statistik Model B (Fasilitas pedestrian berbasis teknologi) adalah 7,863 dan P-values = 0,000. Hasil ini jauh lebih signifikan dibandingkan dengan nilai t-statistik Model A (fasilitas pedestrian berbasis sosial) yang hanya 3,259 dan P-values 0,001. Sedangkan analisis hubungan dan pengaruh model-model fasilitas pedestrian terhadap kepuasan pengguna diperoleh hasil yang menunjukkan t-statistik Model B = 7,863 dan P-values = 0,000. Hasil ini lebih signifikan dibandingkan dengan nilai t-statistik Model A = 3,259 dan P-values 0,001. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa model fasilitas berbasis teknologi lebih diminati oleh pengguna. Kata Kunci : infrastruktur dan fasilitas pedestrian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:55
Last Modified: 10 Dec 2025 07:55
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year