DESAIN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN RAYA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 02/M/BM/2013 DAN NAASRA

Dini Stiyoningsih, 03114053 (2018) DESAIN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN RAYA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 02/M/BM/2013 DAN NAASRA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama Surabaya.

[img] Text
watermarked_Dini S.pdf

Download (1MB)
[img] Text
watermarked_Dini S Fulltext.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya kemajuan pada bidang teknologi komputer, dalam merencanakan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) jalan raya dapat dengan mudah di perhitungkan menggunakan program Microsoft Excel. Perencanaan perhitungan perkerasan kaku (rigid pavement) berdasarkan metode Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013 dan metode NAASRA. Perkerasan kaku digunakan untuk kondisi lalu lintas yang cukup padat serta memiliki distribusi beban yang cukup tinggi. Dari hasil perhitungan Microsoft Excel dapat memudahkan dalam pemasukan atau pemrosesan data. Penggunaan Microsoft Excel dalam menghitung perencanaan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) jalan raya, menyatukan data existing untuk menghitung beban lalu lintas rencana, menghitung DDT (Daya Dukung Tanah), menghitung nilai CBR (California Bearing Ratio), yang menghasilkan output jenis lapisan, tebal plat perkerasan, serta tulangan yang direncanakan. Dalam merencanakan tebal perkerasan jalan, menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013 dan metode Design Pavement NAASRA. Direncanakan dengan mendesain jalan Arteri tanpa menggunakan bahu jalan dengan nilai CBR sebesar 2,42%. Dari hasil evaluasi perencanaan tebal perkerasan menggunkaan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013 diperoleh repetisi beban sebesar 3,1 x 107, dengan persentase fatigue 11,85% sehingga didapatkan tebal pondasi 15 cm, tebal pelat 280 mm, dengan dowel diameter 32 mm, panjang 450 mm, dan jarak 300 mm. Dari hasil evaluasi perencanaan tebal perkerasan menggunakan metoode Design Pavement NAASRA diperoleh repetisi beban sebesar 6,61 x 107, dengan persentase fatigue 81,19% sehingga didapatkan tebal pondasi 15 cm, tebal pelat 240 mm, dengan dowel diameter 32 mm, panjang 450 mm, dan jarak 300 mm. Kata Kunci : Perkerasan Kaku, MDPJ 02/M/BM/2013, Design Pavement NAASRA, CBR, Penulangan, Microsoft Excel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 12 Jan 2019 03:30
Last Modified: 20 May 2022 07:46
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]