Olviana Elysia Kuncahyaningtyas, 03114152 (2018) ANALISA PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA METODE RIGID PAVEMENT SECARA KONVENSIONAL DAN MENGGUNAKAN SLIPFORM PAVER WIRTGENT SP-500 ( Study Kasus Pembangunan Jalan Tol Pandaan - Malang ). Undergraduate thesis, Universitas Narotama Surabaya.
Text
watermarked_Olviana Elysa.pdf Download (1MB) |
|
Text
watermarked_Olviana Elysa Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkerasan jalan merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya yang sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sehingga perlu direncanakan dengan baik berdasarkan standart dan kriterian perencanaan yang berlaku. Perkerasan jalan dibagi menjadi 3 jenis yaitu perkerasan lentur (flexible pavement), perkerasan kaku (rigid pavement) dan perkerasan komposit. Tujuan analisis ini adalah Rigid Pavement atau perkerasan kaku yaitu jenis perkerasan jalan yang menggunakan beton sebagai bahan utama perkerasan tersebut, biasanya dipakai pada jalan yang memiliki kondisi lalu lintas yang cukup padat dan memiliki distribusi beban yang besar seperti jalan tol dan jembatan layang (fly over). Pada saat ini di tahun 2016- 2018 pemerintah mengencarkan proyek infrastruktur jalan tol salah satunya adalah proyek Pembangunan Jalan Tol Pandaan Malang dengan panjang ±38 km. Pembangunan Jalan Tol Pandaan Malang ini menggunakan Perkerasan kaku (Rigid Pavement). Metode yang digunakan di Pembangunan Jalan Tol ini untuk pekerjaan Rigid Pavement ada dua yaitu menggunakan alat Wirtgent dan secara manual. Pembangunan Jalan Tol Pandaan Malang ditargetkan selesai pada tahun 2018, oleh karena itu diperlukan analisa untuk efisiensi waktu dan biaya agar selesai tepat waktu dan ekonomis. Kata kunci : Perkerasan Kaku, Wirtgent, Konvensional, Efisiensi waktu, Efisiensi Biaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 01:59 |
Last Modified: | 14 Jan 2019 01:59 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
View Item |