ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PASIEN UMUM ATAS TRANSAKSI PEMBAYARAN ( STUDI KASUS PADA IRJ POLI GIGI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA)

Sofyan Aris Saputra, 01213055 (2017) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PASIEN UMUM ATAS TRANSAKSI PEMBAYARAN ( STUDI KASUS PADA IRJ POLI GIGI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA). Undergraduate thesis, Universitas Narotama Surabaya.

[img] Text
Skripsi Sofyan Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Sofyan.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas merupakan salah satu strategi bisnis yang ditekankan pada pemenuhan keinginan konsumen. Kinerja perusahaan dan kepuasan konsumen merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Kinerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Suatu unit bisnis diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya, dengan mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelayanan pasien umum atas transaksi pembayaran di poli gigi RSUD dr.Soetomo Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di rumah sakit rujukan dr.Soetomo. RSUD dr.Soetomo bertempat di Jalan Mayjend Prof. Dr. Moestopo No. 6 - 8, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur, selama bulan Desember 2016. Pengumpulan data yang dilakukan untuk menunjang penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling terhadap 133 orang responden dan mengisi kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Importance – Performance Analysis (IPA) dan Customer satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil Importance-Performance Analysis atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah ketepatan waktu pelayanan sesuai jadwal. Hasil perhitungan indeks kepuasan konsumen (CSI) kinerja pelayanan jasa transaksi pembayaran Poli Gigi RSUD dr.Soetomo adalah sebesar 0,7381 atau 73,81 % berada dalam kategori puas. Rekomendasi yang disarankan adalah memprioritaskan ketepatan waktu pelayanan sesuai jadwal sehingga bisa memuaskan pelanggan. Menampung dan menindaklanjuti permintaan pelanggan yang belum termasuk ruang lingkup layanan jasa transaksi pembayaran yang ada di loket poli gigi seperti dengan cara menambah alat pembayaran non tunai. Mengingat keterbatasan dalam penelitian ini, hendaknya dilakukan penelitian yang lebih menyeluruh untuk dapat memberikan gambaran yang lebih baik mengenai kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan jasa transaksi pembayaran Poli Gigi RSUD dr.Soetomo. Kata kunci: convenience sampling, Importance – Performance Analysis (IPA), Customer satisfaction Index (CSI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:17
Last Modified: 27 Feb 2018 04:17
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]