POLA PEMBELIAN PRODUK MENU PAKET UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI CAFE CALIBRE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

BANGKIT TRI HARSONGKO, 04315036 (2019) POLA PEMBELIAN PRODUK MENU PAKET UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI CAFE CALIBRE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (755kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (772kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penelitian, persaingan di dunia bisnis yang menekuni bidang kuliner yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis harus berfikir lebih keras dalam menyusun strategi untuk menghadapi persaingan tersebut. Transaksi penjualan pada suatu kafe menghasilkan data yang banyak. Dalam suatu waktu tertentu, data transaksi tersebut bertambah seiring dengan banyaknya transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Hasil data transaksi tersebut dapat di analisa untuk menghasilkan pengetahuan yang berguna bagi pemilik kafe. Permasalahan dari penelitian ini adalah pihak kafe tidak mempunyai tempat untuk penyimpanan data sehingga pihak kafe tidak bisa mengetahui berapa persen penjualan produk yang sering dibeli oleh konsumen dan permasalahan kedua ialah pihak kafe tidak bisa menentukan suatu pola penjualan menu paket sehingga pihak kafe kesulitan mengelompokkan menu yang akan digunakan untuk pola asosiasi. Masalah di atas dapat diselesaikan dengan menerapkan algoritma apriori, algoritma ini bisa digunakan untuk menentukan pilihan yang terbaik dari beberapa macam alternatif yang tersedia, metode ini dianggap paling sesuai untuk menyelesaikan permasalahan ini karena perhitungannya cukup mudah dan ringkas. Pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman Python dan data dari pihak kafe. Tujuan dari penelitian ini ialah membantu pihak kafe menemukan susunan menu item supaya terbentuknya suatu pola asosiasi yang dapat mendukung pihak kafe untuk perkembangan usaha. Hasil akhir yang diperoleh dari analisa menggunakan algoritma Apriori adalah sebuah diagram dan itemset yang sederhana sehingga membentuk pola asosiasi penjualan antar barang yang sudah ditentukan nilai minimum support dan nilai minimum confidence. Hasil dari analisa tersebut dapat direkomendasikan kepada pemilik kafe sebagai pendukung pengambilan keputusan demi perkembangan usaha. Kata kunci: algoritma Apriori, Python, Penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:25
Last Modified: 24 Feb 2022 04:25
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]