ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN MASKAPAI PENERBANGAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

MOH. YASID, 04315022 (2019) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN MASKAPAI PENERBANGAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (450kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan transportasi maskapai penerbangan tidak lagi menjadi hal yang baru buat kalangan masyarakat, mulai dari pembisnis, keluarga pergi liburan, bahkan hingga dapat dijangkau oleh masyarakat menengah. Transpotasi ini sangat dibutuhkan masyarakat agar dapat bepergian jauh dengan jangka waktu yang relatif lebih singkat. Salah satunya adalah Citilink, citilink merupakan maskapai penerbangan anak dari perusahaan Garuda Indonesia dengan harga tiket yang dapat dijangkau manyarakat menengah kebawah. Penilain terhadap maskapai penerbangan Citilink bisa di lihat melalui promo-promo apa saja yang paling banyak di promosikan kepada masyarakat. Bagus buruknya layanan jasa maskapai penerbangan citilink sebagai evaluasi untuk masyarakat yang ingin menggunakan jasa tersebut, juga bisa dilihat dari kicauan masyarakat di media sosial twitter. Oleh karena itu banyak peneliti menggunakan media sosial sebagai tempat pengambilan data. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk klasifikasi atau pengelompokan sentimen positif atau negatif masyarakat terhadap layanan maskapai penerbangan citilink agar bisa memberikan informasi tentang kepuasan masyarakat terhadap layanan jasa maskapai penerbangan Citilink Indonesia, dengan dataset sebanyak 2000 tweet menghasilkan akurasi yang mencapai 0,778, dengan waktu proses dua menit dua puluh tiga detik. Kata Kunci : Analisis Sentimen, Maskapai Penerbangan, Naïve Bayes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:27
Last Modified: 05 Apr 2022 07:27
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]