UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED MATERIAL PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TKIT AN-NUUR SURABAYA

Nuril Masita, 05121032 (2025) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA KEAKSARAAN MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED MATERIAL PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TKIT AN-NUUR SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover - nuril masita.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
bab I - nuril masita.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
bab II - nuril masita.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
bab III - nuril masita.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV - nuril masita.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
bab V - nuril masita.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka - nuril masita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak usia dini tidak hanya mengetahui dan menghafal huruf A–Z tetapi juga harus memahami perbedaan bunyi huruf A–Z Anak usia dini tidak hanya mampu mengucapkan kata atau kalimat tetapi juga dapat menebalkan dan menulis huruf A– Z. Budidaya kemampuan perlu dilakukan dengan cara yang menyenangkan yang tidak menimbulkan trauma dan pengalaman yang menakutkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan perkembangan bahasa keaksaraan anak usia 4 – 5 tahun melalui pendekatan open ended material, (2) mengetahui perbedaan kemampuan menuliskan dan mengucapkan huruf A – Z untuk anak usia 4 – 5. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak usia dini di TKIT An-Nuur Surabaya dengan rentang usia 4 – 5 tahun. Tahapan penelitian tindakan kelas dilaksanakan secara bertahap mulai dari fokus permasalahan penelitian, perencanaan tindakan perbaikan, pelaksanaan tindakan perbaikan, observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi, serta perencanaan tindak lanjut (dalam satu siklus kegiatan di tahap 1). Selanjutnya di siklus tahap 2 dilakukan hal yang sama berdasarkan perencanaan tindak lanjut dari siklus 1. Penelitian yang akan dilakukan beracuan pada desain PTK Model Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah-langkah model penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Data diperoleh melalui dokumentasi dan observasi langsung pada proses pelaksanaan perkembangan bahasa keaksaraan melalui open ended material, yaitu kegiatan meniru (menulis dan mengucapkan) huruf A-Z dengan menggunakan 3 indikator penilaian kegiatan diantaranya: 1) meniru menebalkan huruf, 2) meniru menuliskan huruf, 3) meniru mengucapkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa keaksaraan awal siswa pada siklus II dalam menebalkan huruf telah memenuhi target rata-rata keberhasilan sebesar 78,57% dari jumlah siswa sedangkan kemampuan siswa dalam menuliskan huruf cukup memenuhi target yaitu 64,29% dan kemampuan siswa dalam mengucapkan huruf adalah 71,4%. Sebaiknya dilakukan penelitian siklus ketiga dengan pemberian materi yang lebih terstruktur dan berulang serta latihan intensif diluar jam pelajaran untuk mempercepat perkembangan keaksaraan siswa yang belum memenuhi target keberhasilan dan dapat mencapai target ratarata keberhasilan yang lebih signifikan yaitu mancapai rata-rata minimal 78,57% dari jumlah siswa. Kata Kunci: Suara Huruf A-Z, Belajar Sambil Bermain, Belajar Bervariasi dan Menyenangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 19 Nov 2025 08:29
Last Modified: 19 Nov 2025 08:29
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year