PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TERATAI KENJERAN SURABAYA

Sri Karmiati, 05115018 (2019) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TERATAI KENJERAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pemberian pengajaran dan rangsangan kepada anak usia dini dalam mengembangkan aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Masa usia dini biasa disebut masa golden age dimana anak memiliki aspek perkembangan yang pesat. Tugas orang tua dan guru memberikan stimulus dan pengajaran berbagai aspek perkembangan baik rohani maupun jasmani. Berbagai aspek perkembangan yang dimiliki anak usia dini diantaranya yaitu perkembangan kognitif berpikir logis. Kemampuan berpikir logis anak usia dini dalam hal ini sebatas mengetahui bentuk dan ukuran suatu benda, besar dan kecil benda, panjang dan pendek benda, dapat menegelompokkan atau mengurutkan suatu benda berdasarkan jenis atau warnanya, mengetahui bagian-bagian benda atau mengetahui bagian benda yang hilang. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 3-4 tahun di PPT Teratai Kenjeran Surabaya, meningkatkan kemampuan guru dalam metode pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 15 anak dan obyek pelitian adalah kemampuan berpikir logis anak usia 3-4 tahun di PPT Teratai Kenjran Surabaya. Hasil penelitian ini didapat siklus I kemampuan berpikir logis sebanyak 4 anak(25%) dengan kreteria berkembang sangat baik(BSB) kemudian meningkat pada siklus II sebanyak 13 anak(80%) dengan kreteria berkembang sangat baik(BSB). Peningkatan ini melebihi dari indikator pencapaian yang telah ditetapkan sebesar 75% dengan kreteria berkembang sangat baik(BSB Kata kunci : Metode penemuan terbimbing, Berpikir logis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:20
Last Modified: 28 Apr 2022 03:03
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]