ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN GRESIK (Studi kasus : Jalan Duduksampeyan Sta km 16+000 – Sta km 16+500)

Debi Fariska, 03115059 (2019) ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN GRESIK (Studi kasus : Jalan Duduksampeyan Sta km 16+000 – Sta km 16+500). Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu kecelakaan yang terjadi tidak terduga dan tidak sengaja melibatkan kendaraan di jalan sehingga mengakibatkan korban dan kerugian materiil. Permasalahan tingkat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Gresik terutama pada ruas Jalan Duduksampeyan Sta km 16+000 – Sta km 16+500 yang paling signifikan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada tahun 2013-2018. Penelitian ini menggunakan metode yang mengacu pada perhtungan angka kecelakaan. Sesuai dengan pengamatan di lapangan fasilitas keselamatan jalan pada ruas jalan tersebut masih kurang memadai, lampu penerangan jalan yang hanya ada disatu sisi jalan sebanyak ± 10 buah, tidak adanya rambu-rambu lalu lintas (batas kecepatan, daerah rawan kecelakaan, dll). Volume lalu lintas harian rata-rata pada ruas jalan tersebut dari pukul 07.00 – 18.00 WIB sebanyak 3833 kend/jam. Kendaraan berjenis sepeda motor yang paling dominan melewati ruas jalan tersebut. Dari analisis tingkat kecelakaan yang dilakukan didapatkan hasil berdasarkan rumus Accident Rate per mile sebesar 158 kecelakaan/km/tahun merupakan kecelakaan paling tinggi terjadi pada tahun 2018. Sedangkan berdasarkan rumus Severity Index sebesar 47.76% pada tahun 2013 merupakan yang paling tinggi berdasarkan kefatalan korban. Kecelakaan tersebut sering terjadi pada waktu pagi – sore hari sebanyak 264 kecelakaan dari tahun 2013-2018. Kecelakaan tersebut disebabkan oleh pengendera sepeda motor yang tidak taat tata tertib dan lengah saat berkendara. Hal tersebut mengakibatkan kecelakaan terjadi dan menimbulkan kerugian materiil dan biaya korban kecelakaan sebesar Rp 71,067,317,653. Oleh karena itu peran pemerintah sangat penting untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi dan juga pengendara untuk selalu berhati-hati saat berkendara. Kata kunci : fasilitas keselamatan jalan, volume lalu lintas harian rata-rata, tingkat kecelakaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:00
Last Modified: 08 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]