PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018

FIFIT NOFIH, 01113028 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka dan lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol. Peneliti memilih perusahaan makanan dan minuman karena perusahaan makanan dan minuman Industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan secara nasional. Desain/Metodologi/Pendekatan – Pendekatan yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 – 2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 48 sampel. Temuan – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, Kepemilikan institusional berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Batasan Penelitian – Penelitian ini hanyak memakai variabel independen yaitu Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial, variabel dependen yaitu Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) serta obyek pada penelitian ini menggunakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 – 2018 Implikasi – Penelitian berikutnya hendaknya tidak hanya mempertimbangkan vaeriabel independen yaitu Profitabilitas, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial serta variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan akan tetapi juga menggunakan informasi lainnya. Orisinalitas/Nilai – Terdapat perbedaan hasil antara jurnal acuan penelitian dan juga hasil penelitian ini yaitu Variabel Profitabilitas, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sedangkan pada penelitian sebelumnya variabel tersebut tidak berpengaruh. Serta pada penelitian yang sekarang pengungkapan Corporate Social Responsibility menggunakan pengukuran GRI tahun 2016 sehingga berbeda dengan penelitian sebelumnya yang belum menggunakan Global reporting initiative tahun 2016. Kata Kunci : Profitabilitas, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:46
Last Modified: 23 Feb 2023 02:46
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year