REYNALDI TITO SUKARNO, 02119046 (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PEMBUATAN BUKU TAHUNAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERJANJIAN. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.
Text (HALAMAN JUDUL)
cover.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB I)
bab I.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB II)
bab II.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB III)
bab III.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB IV)
bab IV.pdf Download (10MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka dan lampiran.pdf Download (10MB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian yang berjudul “Perlindungan Konsumen Bagi Siswa Sekolah Menengah Terhadap Pembuatan Buku Tahunan Yang Tidak Sesuai Dengan Perjanjian” dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya hukum yang dapat dilakukan siswa untuk dapat membatalkan perjanjian yang tidak memenuhi syarat kecakapan dan untuk mendeskripsikan perlindungan konsumen terhadap siswa SMA dalam melaksanakan pembuatan buku tahunan yang tidak sesuai dengan perjanjian. Metode penelitian yang digunakan Penelitian hukum normativ berkaitan dengan hukum yang sedang berlaku (hukum positif) berupa peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan perjanjian dibawah umur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya hukum yang dapat dilakukan siswa sekolah menengah untuk membatalkan perjanjian yang tidak memenuhi syarat sah perjanjian adalah dapat diselesaikan dengan cara jalur non litigasi terlebih dahulu, apabila tidak dicapai kesepakatan atau putusan maka dapat diselesaikan dengan melalui jalur litigasi yaitu pengadilan. Pembatalan dapat dilakukan karena berkaitan dengan tidak terpenuhinya syarat subjektif perjanjian oleh karena itu perjanjian dapat dibatalkan dengan gugatan 'dapat dibatalkan' (voidable) yang menghasilkan putusan konstitutif. Bentuk perlindungan hukum secara preventif oleh pemerintah belum diatur secara tegas di Indonesia, oleh karena itu diperlukan perlindungan secara preventif mengenai kesadaran hukum terhadap siswa SMA. Sedangkan secara represif hukum telah memberikan perlindungan dengan langkah yang dapat ditempuh yaitu melakukan pengaduan kepada BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) yang telah diatur dalam pasal 49 ayat 1 Undang – Undang No. 18 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu apabila terdapat kasus yang serupa maka dapat melakukan pengaduan kepada BPSK. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Perjanjian, Buku Tahunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 05:56 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 05:56 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1635 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year