Intan Chalimatus Sakdiyah, 05121009 (2025) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI PLATFORM QUIZIZZ DI PPT TUNAS PELANGI JAYA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
cover - Intan Chalimatus.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
bab I - Intan Chalimatus.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB II)
bab II - Intan Chalimatus.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB III)
bab III - Intan Chalimatus.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
bab IV - Intan Chalimatus.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
bab V - Intan Chalimatus.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka - Intan Chalimatus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan anak, termasuk motivasi belajar. Salah satu tantangan adalah mempertahankan motivasi belajar anak di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan platform Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berhitung anak usia dini di PPT Tunas Pelangi Jaya. Hasil menunjukkan bahwa Quizizz secara signifikan meningkatkan motivasi dan kemampuan berhitung anak usia 5 tahun, membuat mereka lebih antusias, aktif, dan percaya diri dalam pembelajaran. Platform ini juga mempermudah pemantauan perkembangan dan mengurangi kebosanan. Oleh karena itu, penggunaan Quizizz disarankan dalam pembelajaran anak usia dini untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 5 guru dan 14 anak usia dini sebagai subjek, untuk menganalisis pengaruh penggunaan platform Quizizz dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan berhitung anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan platform Quizizz secara signifikan meningkatkan motivasi dan kemampuan berhitung anak usia dini di PPT Tunas Pelangi Jaya. Anak-anak menjadi lebih antusias, aktif, dan percaya diri dalam pembelajaran berhitung. Selain itu, kemampuan berhitung mereka berkembang pesat, baik dalam mengenali lambang bilangan maupun menghitung benda. Quizizz juga meningkatkan keterlibatan anak, mengurangi kebosanan, dan memudahkan pemantauan perkembangan anak. Dengan demikian, penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan berhitung anak usia dini. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Motivasi Belajar, Quizizz, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Kemampuan Berhitung, ICT.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | Repository Administrator |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:41 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:41 |
| URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
