ANALISIS KINERJA LALU LINTAS DAN FASILITAS KESELAMATAN JALAN DI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2021-2026 (STUDI KASUS: JL. PANGLIMA SUDIRMAN – JL. TEUKU UMAR)

M. SENDY SAPUTRA, 03117017 (2021) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS DAN FASILITAS KESELAMATAN JALAN DI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2021-2026 (STUDI KASUS: JL. PANGLIMA SUDIRMAN – JL. TEUKU UMAR). Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (Halaman Judul)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur dengan penduduk yang mencapai 1 juta jiwa lebih. Hal ini menjadikan Kabupaten Bojonegoro sebagai pusat perdagangan, bisnis, dan pendidikan di kawasan Jawa Timur, oleh sebab itu banyak masyarakat yang menjadikan beberapa wilayahnya menjadi pusat keramaian secara tidak sengaja, salah satunya adalah yang terjadi pada Jl. Teuku Umar- Jl. Panglima Sudirman (Simpang). Berdasarkan kondisi tersebut perlu dilakukan studi dalam analisa kinerja lalu lintas dan fasilitas kesalamatan jalan pada 5 tahun yang akan datang tepatnya pada tahun 2026. Metode yang digunakan adalah survei jam sibuk pagi, siang, sore yang dilakukan 3 hari yaitu 2 hari normal dan 1 hari libur (Selasa, Rabu dan Sabtu), analisis data geometrik menggunakan metode MKJI 1997 dan Fasilitas Keselamatan Jalan menggunakan Perencanaan Perlengkapan Jalan (Kementerian PUPR Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Dalam penelitian ini didapatkan hasil Arus lalu lintas pada ruas Jl. Panglima Sudirman di tahun 2026 sebesar 1224,99 smp/jam, LOS B. Sedangkan Arus lalu lintas pada ruas Jl. Teuku Umar di tahun 2026 sebesar 1518,04 smp/jam, LOS B. Hasil perhitungan simpang bersinyal pada tahun 2026 memiliki arus lalu lintas 679,05 smp/jam, LOS C, dan tundaan arus lintas 77,70 det/smp. Dari hasil perhitungan yang sudah dilakukan dan pengamatan eksisting dengan diperolehnya LOS C pada simpang maka perlu melakukan perlebaran jalan sebesar 2 meter, untuk usulan fasilitas keselamatan jalan pada tahun 2026 perlu adanya penambahan rambu, marka, dan APILL pada titik tertentu. Kata Kunci : MKJI 1997, Kinerja lalulintas, Fasilitas Keselamatan Jalan, LOS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:47
Last Modified: 26 Sep 2022 03:47
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year