ANALISA PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN KEBERLANGSUNGAN USAHA UMKM DI SURABAYA

NOVIANA YANIAR, 11118007 (2022) ANALISA PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN KEBERLANGSUNGAN USAHA UMKM DI SURABAYA. Masters thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
cover.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB II)
bab II.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB VI)
bab VI.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka dan lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fintech (financial technology) dan digital marketing terhadap UMKM di Surabaya serta dampaknya terhadap kinerja keuangan dan keberlangsungan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas UMKM yang berjumlah 155 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Forms. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SEM-PLS. Fintech berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM di Surabaya. Digimart memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM di Surabaya. Fintech memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Digimart tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Fintech mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap keberlangsungan usaha sementara itu digimart hanya mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keberlangsungan usaha. Kinerja keuangan memainkan peran sebagai mediator parsial pada pengaruh fintech terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Kinerja keuangan sebagai mediator penuh pada pengaruh digimart terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Kata Kunci: Komunitas UMKM di Surabaya, Teknologi Finansial, Pemasaran Digital, Kinerja Keuangan, Keberlanjutan Bisnis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:28
Last Modified: 13 Apr 2023 01:28
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year