NOVIANA YANIAR, 11118007 (2022) ANALISA PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN KEBERLANGSUNGAN USAHA UMKM DI SURABAYA. Masters thesis, Universitas Narotama.
Text (HALAMAN JUDUL)
cover.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB II)
bab II.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
bab I.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB VI)
bab VI.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB III)
bab III.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
bab IV.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB V)
bab V.pdf Download (5MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka dan lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fintech (financial technology) dan digital marketing terhadap UMKM di Surabaya serta dampaknya terhadap kinerja keuangan dan keberlangsungan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas UMKM yang berjumlah 155 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Forms. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SEM-PLS. Fintech berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM di Surabaya. Digimart memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM di Surabaya. Fintech memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Digimart tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Fintech mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap keberlangsungan usaha sementara itu digimart hanya mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keberlangsungan usaha. Kinerja keuangan memainkan peran sebagai mediator parsial pada pengaruh fintech terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Kinerja keuangan sebagai mediator penuh pada pengaruh digimart terhadap keberlangsungan usaha UMKM di Surabaya. Kata Kunci: Komunitas UMKM di Surabaya, Teknologi Finansial, Pemasaran Digital, Kinerja Keuangan, Keberlanjutan Bisnis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:28 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:28 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year