Vina Mayangsari Putri, 05115026 (2019) IMPLEMENTASI TERAPI WICARA TERHADAP ANAK USIA 4 TAHUN DENGAN SPEECH DELAY DI TERAPI FULL HEART CENTER SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.
Text (HALAMAN JUDUL)
COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Jenis enelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data merupakan langkah yang amat penting menurut Hasnunidah (2017:88-103), teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan terapis, terapis telah mendiagnosis memang anak ini mengalami keterlambatan berbicara, karena ketidak seimbangan usia dan perkembangan bahasa anak. Metode yang diberikan dalam terapi ini adalah terapi wicara metode babbling yaitu anak diminta mengoceh atau mengucapkan bunyi-bunyi secara random dan metode imitasi yaitu anak menirukan bunyi suku-suku kata yang diucapkan terapis. Terapis juga mengajarkan anak untuk meluapkan ekspresinya berdasarkan perasaan yang dirasa dengan kata lain mengekspresikan sesuai dengan emosi yang muncul. Latihan berbicara ini diulang-ulang dan orangtua juga mendapatkan tugas untuk melatih dan mengulang latihan-latihan yang di ajarkan terapis dengan harapan keterampilan berbicara dapat menetap dan menstimulus perkembangan bahasa anak. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui terapi wicara dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak terlambat berbicara usia 4 tahun di FULL HEART CENTER. Kata kunci : terapi wicara, terlambat berbicara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Repository Administrator |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:55 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 04:07 |
URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/753 |
Actions (login required)
View Item |