IMPLEMENTASI TERAPI WICARA TERHADAP ANAK USIA 4 TAHUN DENGAN SPEECH DELAY DI TERAPI FULL HEART CENTER SURABAYA

Vina Mayangsari Putri, 05115026 (2019) IMPLEMENTASI TERAPI WICARA TERHADAP ANAK USIA 4 TAHUN DENGAN SPEECH DELAY DI TERAPI FULL HEART CENTER SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Jenis enelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data merupakan langkah yang amat penting menurut Hasnunidah (2017:88-103), teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan terapis, terapis telah mendiagnosis memang anak ini mengalami keterlambatan berbicara, karena ketidak seimbangan usia dan perkembangan bahasa anak. Metode yang diberikan dalam terapi ini adalah terapi wicara metode babbling yaitu anak diminta mengoceh atau mengucapkan bunyi-bunyi secara random dan metode imitasi yaitu anak menirukan bunyi suku-suku kata yang diucapkan terapis. Terapis juga mengajarkan anak untuk meluapkan ekspresinya berdasarkan perasaan yang dirasa dengan kata lain mengekspresikan sesuai dengan emosi yang muncul. Latihan berbicara ini diulang-ulang dan orangtua juga mendapatkan tugas untuk melatih dan mengulang latihan-latihan yang di ajarkan terapis dengan harapan keterampilan berbicara dapat menetap dan menstimulus perkembangan bahasa anak. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui terapi wicara dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak terlambat berbicara usia 4 tahun di FULL HEART CENTER. Kata kunci : terapi wicara, terlambat berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:55
Last Modified: 28 Apr 2022 04:07
URI: http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item
["lib/irstats2:embedded:summary_page:eprint:downloads" not defined]