Siti Rohimah, 05121015 (2025) UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGAJI DENGAN METODE TILAWATI PAUD PADA ANAK USIA DINI DI KB TERPADU ALKHAIRIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Narotama.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
cover - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB I)
bab I - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB II)
bab II - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB III)
bab III - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB IV)
bab IV - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB V)
bab V - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk “meningkatkan minat mengaji anak usia dini melalui penerapan metode tilawati PAUD di KB Terpadu Alkhairiyah”. Latar belakang penelitian ini didasarkan oleh observasi awal mengenai rendahnya minat anak-anak dalam kegiatan mengaji, yang berpotensi menghambat perkembangan spiritual dan kemampuan pendekatan yang sistematis, mudah dan menyenangkan, diharapkan mampu membangkitkan kembali antusiasme anak-anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia dini di KB Terpadu Alkhairiyah. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas anak dan guru, catatan lapangan, serta dokumentai. Data minat mengaji diukur dengan skala penilaian minat atau indikator partisipasi aktif dan antusiasme anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, dengan membandingkan kondisi sebelum tindakan dan setelah tindakan pada setiap siklus, serta melihat peningkatan minat dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tilawati PAUD secara konsisten dan terencana efektif dalam meningkatkan minat mengaji pada anak usia dini di KB Terpadu Alkhairiyah. Terjadi peningkatan signifikan pada indikator minat mengaji anak dari pra-siklus hingga siklus ke dua, yang ditunjukkan oleh peningkatan partisipasi, fokus, dan antusiasme anak selama pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa metode Tilawati PAUD dapat menjadi solusi praktis dan inovatif gabi guru PAUD dalam mengembangkan minat mengaji anak. Disarankan bagi guru untuk terus mengoptimalkan penggunaan metode ini dengan adapts kreatif sesuai karakteristik anak didiknya. Kata Kunci : Minat Mengaji, Metode Tilawati PAUD, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas, KB Terpadu Alkhairiyah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | Repository Administrator |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 09:35 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 09:35 |
| URI: | http://repository.narotama.ac.id/id/eprint/2198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
